ANGKASA PURA II INDONESIA'S AIRPORT COMPANY
Posted by : Dwi Rahmad Minggu, 30 Agustus 2015

Hasil gambar untuk airport emergency exercise sultan iskandar muda

Bandara Sultan Iskandar Muda Gelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat BANDA ACEH – Bandara Sultan Iskandar Muda yang terletak di Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, menggelar latihan Penanggulangan Keadaan Darurat atau PKD bersandi Rencong Dirgantara IV.
 dalam latihan yang digelar pada hari ini, 20 November 2014, itu diskenariokan pesawat Boeing 737-800 NG yang dioperasikan Bintang Air 2011 mengalami hard landing di Bandara Sultan Iskandar Muda pada pukul 10.15 waktu setempat. Akibat hard landing, pesawat dengan rute Jakarta – Banda Aceh itu mengalami pecah ban sebelah kanan sehingga mesin menyentuh landas pacu atau runway dan menimbulkan percikan api lalu terbakar. Petugas Air Traffic Controller atau ATC di menara yang melihat percikanapi kemudian menekan crash bell sebanyak 3 kali berturut-turut sebagai tanda telah terjadi kecelakaan pesawat. Bertepatan dengan itu, petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan – Pemadam Kebakaran atau PK-PPK Bandara Sultan Iskandar Muda yang tengah berada di menara pengawas juga melihat kejadian tersebut dan langsung menekan tombol alarm untuk menginformasikan peristiwa ke personel lain. Setelah mendengar bunyi alarm.

Hasil gambar untuk airport emergency exercise sultan iskandar mudaHasil gambar untuk airport emergency exercise sultan iskandar muda

petugas PK-PPK langsung menuju lokasi kecelakaan guna memadamkan api dan melakukan evakuasi para korban. Api berhasil dikuasai tepat pada pukul 10.17 dan kemudian dilanjutkan dengan evakuasi penumpang yang dibantu oleh petugas Aviation Security atau keamanan bandara. GM PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara Sultan Iskandar Muda Joko Sudarmanto mengatakan kesuksesan latihan PKD ini tidak lepas dari bantuan dan dukungan pihak eksternal yang juga ikut terlibat. “Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama seluruh pihak, diantaranya Kantor Kesehatan Pelabuhan, pihak Lanud Sultan Iskandar Muda, Kepolisian, rumah sakit, Basarnas, pemadam kebakaran kota, dan PMI,” jelas Joko Sudarmanto. Sudarmanto menambahkan, “Latihan PKD di Bandara Sultan Iskandar Muda ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel PKP-PK serta meningkatkan koordinasi antara pihak bandara dengan instansi eksternal sehingga dapat menanggulangi keadaan darurat dengan baik.” Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura II (Persero) Daryanto menuturkan latihan PKD digelar rutin setiap 2 tahun sekali di setiap bandara di bawah pengelolaan perusahaan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

acehplanet
animasi-bergerak-pesawat-terbang-0010

Total Tayangan Halaman

Facebook

Twitter

Flag Counter
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

- Copyright © Penerbangan - Metrominimalist - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -